Apa itu TELEMATIKA ?
Telematika berasal dari bahasa prancis “Telematique” yang merujuk pada
bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi
Informasi merujuk pada asrana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan,
pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian,
dan penggunaan data yang bermakna. Para praktisi menyatakan bahwa “Telematics” adalah
singkatan dari “Telecommunication” and “ informatics” sebagai wujud dari
perpaduan konsep Computin and Communication. Secara umum, istilah
telematikadipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau
GPS(Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan
teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih
spesifik, istilah telematikadipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road
vehicles dan vehicle telematics).
Siapa pengguna TELEMATIKA ?
E-goverment E-goverment
dihadirkan dengan maksud untuk administrasi pemerintahan secara elektronik.
E-commerce Semua proses
transaksi perdagangan dilakukan secara elektronik.
E-learning Pendidikan terbuka
dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet
berbasis web atau situs.
GPS sistem untuk menentukan
letak di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini
menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi.
Kapan TELEMATIKA digunakan?
Telematika digunakaan sebagai
sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan komunikasi menjadi lebih
berpengetahuan dari sebelumnya, sehingga telematika digunakan kapan saja saat
seseorang membutuhkan informasi yang di inginkan.
Dimana TELEMATIKA digunakan?
Telematika digunakan dimana saja
saat seseorang membutuhkan informasi melalui teknologi telekomunikasi seperti
internet ataupun GPS.
Apa fungsi TELEMATIKA ?
Selaras dengan pengertian
telematika sebagai sarana komuikasi jarak jauh, maka fungsi dari telematika
antara lain :
1.
Penyampai informasi. Telematika digunakan sebagai penyampai informasi agar
orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya.
Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan hidup, menambah
kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
2.
Sarana Kontak sosial hidup bermasyarakat. Interaksi sosial menimbulkan
kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika
menjadi penghubung diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka
tersebar dimana-mana. Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan
kerjasama sehingga menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil
perseorangan.
Kenapa TELEMATIKA diperlukan?
Telematika diperlukan karena
memiliki fungsi sebagai penyampai informasi agar orang yang melakukan
komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari sebelumnya, adanya interaksi
sosial yang menimbulkan kebersamaan, keakraban, dan kesatuan yang akan
melahirkan kerjasama. Telematika juga menjadi penghubung diantara peserta
kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana.
Bagaimana TELEMATIKA digunakan
sehari - hari?
Untuk menggunakan telematika
tidaklah terlalu sulit karena hanya membutuhkan alat telekomunikasi, sehingga
orang dapat mencari atau mengetahui informasi yang ingin dicari. Telematika
pada saat pertama kali ada menggunakan pager, radio, telegraf, televisi, dan
telepon. Untuk saat-saat ini telematika digunakan dengan berbagai cara, seperti
menggunakan media internet ataupun GPS.
0 komentar:
Posting Komentar