Selasa, 22 April 2014 | By: Unknown

Sertifikasi di Bidang TI

Sertifikasi di Bidang TI adalah cara yang standar dan terukur untuk mengukur kemampuan teknis. sertifikasi TI menunjukan bahwa para professional Teknologi Informasi tersebut memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dapat di buktikan. Sertifikasi di bidang TI juga memberikan keunggulan dalam daya saing bagi berusahaan, khususnya dalam pasar glogal karena kemampuan dan pengetahuan Profesional Teknologi Informasi dan Telekomunikasi telah di uji dan didokumentasikan.

Selain itu pengalaman mengikuti kegiatan sertifikasi dapat memberikan wawasan-wawasan baru yang  mungkin tidak pernah ditemui pada saat mengikuti pendidikan formal atau dalam pekerjaan sehari-hari. selain mampu memberikan jalan yang lebih mudah untuk menemukan pekerjaan di bidang TI, sertifikasi juga dapat membantu meningkatkan posisi dan reputasi bagi yang telah bekerja.

Profesionalitas seorang praktisi TI paling tidak  harus memiliki 2 (dua) pengakuan, yakni :
Pengakuan secara akademis berupa gelar kesarjanaan.
Pengakuan dari dunia industri berupa pengakuan atas keahlian dan kemampuan (skill) yang dibuktikan dengan kepemilikan Sertifikasi.

Syarat profesionalisme yang harus dimiliki pekerja IT antara lain :
- Dasar ilmu yang kuat dalam bidangnya
- Penguasaan kiat-kiat profesi yang dilakukan berdasarkan riset dan praktis
- Pengembangan kemampuan profesional berkesinambungan.

Selain syarat di atas, para pekerja di bidang IT butuh adanya sertifikasi sebagai penunjang profesionalisme dibidang IT. Manfaat adanya sertifikasi profesionalisme :
- Ikut berperan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih profesional
- Pengakuan resmi pemerintah tentang tingkat keahlian individu terhadap sebuah profesi
- Pengakuan dari organisasi profesi sejenis, baik tingkat regional maupun internasional
- Membuka akses lapangan pekerjaan secara nasional, regional maupun internasional
- Memperoleh peningkatan karier dan pendapatan sesuai perimbangan dengan pedoman skala yang diberlakukan

Pentingnya Sertifikasi
Banyak alasan mengapa kita perlu mendapatkan sertifikasi IT (Information Technology). Sertifikasi di bidang Teknologi Informasi akan memberikan kredibilitas bagi pemegangnya. Sertifikasi Internasional IT bertaraf internasional menunjukkan para Professional Teknologi Informasi memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dapat dibuktikan.
Sertifikasi IT juga memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan, khususnya dalam pasar global karena kemampuan dan pengetahuan Profesional Teknologi Informasi telah diuji dan didokumentasikan.
Nilai Sertifikasi IT untuk Peningkatan Bisnis Perusahaan
1.  Memberikan keunggulan bersaing yang nyata.
2. Memberikan pelayanan pada tingkat yang lebih tinggi.
3. Meningkatkan produktivitas kerja.
4. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang lebih lengkap.
5. Meningkatkan kredibilitas terhadap mitra bisnis dan pelanggan.
6. Memberikan dampak terukur untuk efisensi dan keuntungan bisnis.
7. Menjadi tujuan penting bagi bisnis perusahaan.


Dalam dunia linux terdapat dua sertifikasi yang berdasarkan job yaitu Linux+ dari comptia, dan LPIC dari Linux Professional Institute. Sertifikasi LPIC ( Linux Professional Institute Certification) yang diakomodasi oleh LPI. LPI merupakan sebuah organisasi non-profit yang terletak di New Brunswick, Toronto di Canada dan Sacramento di USA. LPI merupakan gabungan komunitas perusahaan, IT professional, organisasi training dan sukarelawan untuk melaksanakan program-program LPI. LPI merupakan lembaga advokasi yang mendukung professional Linux, Open Source dan Free Software.
LPIC mempunyai tiga level sertifikasi yaitu LPIC-1, LPIC-2 dan LPIC-3 :
LPIC-1 (Junior Level Administration) Pertama kali di publish pada 11 januari 2000, revisi terakhir April 2009. LPIC-1 merupakan program sertifikasi IT pertama yang diakui oleh National Commission For Certification Agencies (NCCA). Sertifikasi ini tidak membutuhkan syarat apapun dalam hal sertifikasi. Terdapat dua ujian untuk lolos sertifikasi ini yaitu Exam 101 dan 102. Exam 101 dan 102 menguji kemampuan dasar untuk professional linux pada distro linux yang umum. Penjelasan singkat dari tugas-tugas yang harus dilakukan untuk lolos sertifikasi ini seseorang harus bisa : bekerja pada linux command line; Melakukan tugas-tugas maintenance yang mudah :
manajemen user, backup & restore, shutdown & reboot; menginstal dan mengkonfigurasi workstation (termasuk X server : GUInya linux) dan mengkoneksikannya menggunakan LAN atau modem untuk koneksi ke internet.

Biaya untuk sertifikasi ini $160 per ujian. Ujian dilakukan dengan didistribusikan oleh VUE dan Prometric. Sertifikasi ini akan kadaluarsa dalam jangka 10 tahun.


Wahid Sulaiman
18110412
4KA20

sumber : 



0 komentar: