Minggu, 23 Agustus 2015 | By: Unknown

holiday without phone (Mt. Prau 2565mdpl) part1


Udah lama banget gue ga bikin yang namanya caper lagi nihh sob, terakhir mungkin pas gue semester 2, kalo pake tahun bisa jadi tahun 2011 kali hahaha.

Jadi gini sob gue udah dari dulu diajakin sama Rico naek gunung, cuma setiap pas Rico ngajakin tuh selalu aja gue ga ada ongkosnya maklum ajalah mahasiswa yg kere nan pelit pengennya jalan yg ga ngeluarin duit banyak tapi happy bisa kemana mana heheee. Niatnya mao hiking ke gunung mana gitu gue lupa sekitar bulan mei sama anak kampus sebelah dan akhirnya ga jadi juga doi hahahaa. Terakhir kali Rico ngajakin lagi bulan agustus, kalo bulan agustus gue rasa sii bisa karna gue bisa ngumpulin duit dulu dan waktunya itu masih lama.

Oia disini gue mao ngenalin dulu kita hiking cuma 9 orang, rencana awalnya sii ada 12 tapi karna ada yg ga bisa cuti kerja jadi 9 orang deh yg ikut padahal tiket kreta api udah dipesen 12, coba aja cuti mao lahiran  pasti dikasih tuh hahhahaaa. Yakali mao lahiran naek gunug, macem emak gue aja paginya kepasar sambil lari lari kecil siangan dikit brojol hehehee *sory oot*. Fyi yg gue kenal cuma temen sekelas gue doang, selebihnya baru kenal dan tatap muka di Stasiun Senen.
Rico >> temen sekelas gue, udah 3 tahun tahun kenal, anaknya suka guyonan ada aja bahan buat ngelucu, udah dua kali naek gunung, pokonya bisa diandalkanlah
Rini >> diawal sii orangnya pendiem, tapi kalo udah kenal bakalan bawel. Sedikit rapuh tapi pinter menutupi kerapuhannya, semacam bunglon yg memanipulasi dirinya. Dan seneng masak, paling suka masak yg menu teriaki *katanya*
Diah >> aga melowlah nii orang, takut ketinggian dan sedikit pendiem, cepet menyesuaikan diri, narsis pula hahhaaa
Tuti >> ini luar biasa pendiemnya, dan dia punya mag, suka sama orang tapi malu malu buat kenalan *aahhaayyyy :p*
Daniel >> bisa dibilang pelor (nempel molor) ya dikit dikit molor, orangnya konyol. Kalo ngomong asal nyablak *sama kaya gue heheh*
Dewi >> ya dialah penggagas utama yg ngajakin jalan, doi yg pesenin tiket pp, sama logistik, lo tau peramal yg pake bola listrik kan? Nah dia bisa ngeramal lohh hahhaaa
Okta >> comel gampang berbaur dan paling rameeee, pokoknya deket dia asik dah. Lo bakal denger suara dia sepanjang perjalanan.
Wahyu >> nii orang bisa dibilang pemalu, santai apalagi ya? Duhh gue susah kalo nilai cowo hehehe pokoknya asik dah sama nii orang
Gue sendiri Wahid >> nyebelin, … *selebihnya isi sendiri*

remember me, i will remember you [2:152]


Rabu 12 agustus 2015 10:00 hp bunyi, gue buka hp ternyata lagi ngomongin peralatan buat hiking jum’at esok, gue kira alatnya udah ada dan gue tinggal jalan ternyata masih belom ada. Niat awalnya mao diambil sama sii Rini dan Kak Dewi tapi karna mereka jauh dari tempat persewaan jadi gue aja yg ambilin, gue kira dikit ternyata udah kaya orang mao dagang di pasar kaget. Gue ngambil alat sama ade gue, gue ngambil jam 17:00 dan gue pusing gimana bawanya nii besok, banyak banget ga bakalan muat sama motor gue belom lagi gue bawa keril. Dan akhirnya gue ga jadi bawa motor sendiri ke rumah rico, gue minta anterin sama Khoir kerumah Rico #CitayemResidence *yg ga tau dimana ini cari aja di mbah google, tii ati kesasar*

Kamis 13 agustus 10:00 gue jalan dari rumah, dengan posisi Khoir bawa 2 tenda dipangku + bawa keril, nah didepan gue taroin matras sama sb, pokoknya mirip kaya orang mao dagang dahh hahhaaaa. Jam 11:00 an gue sampe rumah Rico langsung bongkar keril gue trus packing ulang, asli gue bingung nii packingnya gimana ga bakalan muat cuma 2 keril doang, gue tanya Rico masih ada keril lagi ga? ternyata ga ada lagi, sebelomnya ada satu tapi udah dimasukin logistik juga sama Rico dan udah dibawa sama sii Daniel, yaudah kita maksimalkan keril kita buat masukin logistik. Gue kalahin ga bawa jaket *niatnya gue bawa 2 jaket* yg belom masuk tuh tendanya doang, gue lipet sekecil mungkin tetep aja ga muat, alhasil kita tenteng aja dulu sampe Stasiun Senen *meetpoint* dan pas zuhur ade gue pulang. Pokoknya nanti di Senen / Purwokerto kalo ada keril / day pack yg keliatan kosong bakalan gue masukin nii barang barang. 

19:15 kita jalan dari rumah Rico, oia disini kita jalan bertiga bareng sama Rini, ya Rini baru gue kenal pas dia dateng nyamper ke rumah Rico, anjiirrr nii anak enak banget cuma bawa daypack doang kecil pula, mana udah full lagi, ga ada space sedikitpun yg bisa masuk. Kita mulai jalan diawali naek angkot ke Stasiun Citayem, ndeladahhh gue kira cepet sampe Stasiun Citayem ternyata dari Pabuaran aja sampe Stasiun Citayem 40menit sendiri -_- udah sampe nii Stasiun Citayem, cuma kita sedikit bingung mao turun di Stasiun mana soalnya kita bakal jalan lagii ke Stasiun Senen, ok fix kita turun di Gondangdia dan pilih naek bajaj sampe Stasiun Senen. Di dalam KRL yg laen pada pegang HP gue juga mao ngeluarin HP, cari cari ternyata ga ada, yg ada cuma cargernya doang *hebat banget cuma bawa carger ga bawa HP* dan gue baru inget pas gue mao masukkin cargernya itu gue taro HP gue diatas kulkas *atau apalah itu di rumahnya Rico* gue lupa masukkin Hpnya. Gue bilang Rico buat ngabarin orang rumah biar diamanin HP gue. Emang sebelumnya pas siang hari gue update “holiday without phone, weapon, gear and camera, just you and me” sambil pasang DP nya sii Wirda anaknya Ustad Mansyur heheee. Segala ucapan yg terlontar dalam mulutmu itu adalah doa, berkatalah yg baik atau diam.

Nahh di KRL kita udah was was banget karna jam 20:15 aja kita masih di dalem KRL,  dan jam keberangkatan kreta kita jam 22:00. Taraaa kita udah turun dari KRL, aga rempong nii bre bawa bawa sb + matras, sii Rini yg nukerin tiket dan gue sama Rico yg cari bajaj + nego udah deal kita jalan sampe Senen, pas turun trashbag yg gue iket itu sobek alhasil sb+matras berantakan *jam mepet, kritissss* udah kita bagi bertiga buat bawa ini semua. Telpon Kak Dewi ga diangkat – agkat, kita terus jalan sampe ditempat pencetakkan tiket dan nunggu disana, ga lama Kak Dewi dateng sama temen temennya, sedikit berkurang bawaan kita, langsung jalan lagi ke arah pintu masuk dan gue dimintaiin KTP buat ngecek validitas sama tiketnya. Selesai ceking kita jalan ke arah kretanya, belom sampe 10 menit kreta udah dateng, Alhamdulillah kita ga ketinggalan kreta jam udah mepet banget hahhahhaaa. 

Masuk kedalem gerbong, gue mah nguntilin aja dari belakang kaya pitik ngikutin induknya. Cari cari bangku dan sedikit ada penumpang lain yg mao duduk juga ditempat duduk gue Rico, Rini gue sii udah welcome banget secara bakalan dapet temen baru lagi nii :D ehh ternyata doi salah gerbong *gagal deh dapet temen ngobrol* kita bertiga (gue Rico Rini) dapet tempat duduk 2 sab berhadapan, ini bangku yg kapasitasnya 6 orang cuma diisi 3 orang “Fabiayyi alaa’i Rabbi kuma tukaddziban [55:13]” Kak Dewi duduk sama sii Daniel, dan Mas Wahyu, Kak Diah sama Kak Tuti duduk bertiga *posisi duduknya sama kaya gue* Ga lama kita ngobrol ngobrol dikit sambil benerin sb + matras yg berantakan tadi, gue ngeliat liat tas yg mereka bawa, gue nyengir nyegir aja kasih kode ke Rico *ada keril biru, sama day pack yg spacenya masih kosong. Bakal gue isiin nii hahahaa* Ga lama gue atur posisi tidur, gue kebagian dibawah beralaskan matras. Serasa tidur dikamar, luass bre kaki bisa selonjoran mao tidur kaya gimana juga asikk *kelas ekonomi serasa super executive hahahhaa* Udah lah sepanjang perjalanan gue tidur aja itung itung isi tenaga buat esok hari, AC nya dingin banget bre, kebetulan posisi blower ACnya tuh pas banget ke arah gue, gue tidur pake sb sewaan maksud gue pake ini biar gampang lipetnya, dan masih banyak sb yg nganggur dan akhirnya gue jadiin bantal :D

Jum’at 14 agustus 2015 04:00 kita nyampe di Stasiun Purwokerto, dan kita cari tempat buat istirahat sampe waktu subuh tiba, pas lagi jalan gue liat ada yg jatoh kesandung rel hahhaaa jatoh deh, luka dikit mah gpp wajarlah. Udah dapet tempat yg kosong gue langsung naro keril dan ke toilet dulu *aaahhhhh lega coyyy bisa ke toilet bersih pula* Setelah gue balik ke toilet kumpul sama yg laen, baru duduk sebentar tetiba ada orang yg bawa keril pake buff dikepalanya sendalan + celana pendek, pikiran dalam otak gue “wihhh expert nii orang, stylenya ok punya, sering nanjak nii” pikir gue cuma gue ngomong sendiri dalam hati. Dan itu orang ko dadah dadah ke arah kita? Dan terus jalan kearah kita, gue bingung siapa ini anak?

Awalnya gue kira nii cowo, pas makin mendekat ternyata cewe. Baru dateng langsung kenalan, namanya Kak Okta, ya Kak Okta ini spertinya udah sering banget nanjak atau ga sering jalanlah pokoknya. Udah banyak makan garem *bukan perumpamaan ya, emang beneran makan garem hahaha*. Ga lama juga Kak Dewi dateng dengan baik hatinya dia bawain kita the anget, duh Kak tau aja kita kedinginan dibeliin yg anget anget. Sembari minum teh yg anget itu gue sama yg laen mulai bongkar tas, mana aja yg ada space kosong pokoknya harus dimasukkin, ok tenda masuk ke keril yg biru sama air + 2 sb, selebihnya barang bawaan tas biru itu sendiri. Udah semaksimal mungkin kita kemas ini barang barang supaya masuk semua ke dalem keril/daypack tapi nyatanya masih ada barang yg belom masuk, dan opsi terakhir ya ditenteng. (picture menyusul)


pic by travelmate
Waktu udah berjalan dan masuk jam 04:40 pagi tandanya udah masuk waktu subuh setempat. Sebagian sholat subuh duluan sementara gue Rico, Mas Wahyu, dan Daniel nungguin tas, ga lama mereka pun selesai absennya, gantianlah kita yg sholat subuh. Gue sempet ngobrol sama penduduk sini asli, gue tanya tanya dimana tempat tumpukkan kreta api bekas yg udah ga dipakai, dan tempat ini ada larangan buat foto foto. Ternyata bukan disini, gue harus jalan lagi ke arah barat apa selatan gitu buat liat pemandangan yg gue anggap penting itu, tapi apalah daya emang diluar schedule. Ya mungkin lain waktu kalau ada rezqi, waktu dan kesempatan gue sempetin nikmati pemandangan itu #hope. 



abaikan
Back the story, udah selesai nii sob balik lagi ke tempat semula, masih ada waktu nikmati sunrise di Stasiun Purwokerto, karna gue ga bawa hp jadi gue ajak yg punya hp buat fotoin gue sedikit di ujung kepala kreta api *gpp kan narsis dikit :D* ahhhh indah sekali rasanya bisa nikmati udara pagi yg sejuk nan asri ini. Menghadap ke arah rel dan sepintas pikiran gue melayang, inget cerita temen gue yg ikut pendidikan wanandri *kalo ga tau tanya mbah google ya* doi jalan menelusuri rel kreta api sampe satu hari dua malem, duh gimana rasanya ya itu? Setiap kegiatan pasti ada manfaatnya “usaha tak akan menghianati hasil”, setelah doi ikutan pendidikan wanandri doi jadi lebih pendiam, lebih dewasa, ga kaya dulu pas jaman kita STM. Selesai pikiran gue melayang gue balik lagi ke tempat temen temen berkumpul, dan sebagian emang ada yg tidur *sory ya gue suruh bangun*



Ga terasa udah jam 06:00 aja, dan kita bergegas cari sarapan. Pas baru keluar Stasiun udah ada orang yg nawarin jasa nganterin kita ke dieng, gue tanya tanya ternyata ongkosnya jauh lebih mahal dibanding kita ngecer. Kita lanjut aja lurus sampe ke pintu keluar Stasiun, nah diujung pintu Stasiun gue liat ada mobil pickup kosong, gue coba samperin bareng Rico *temen yg laen masih nunggu di depan Stasiun, dan keril gue taro disitu* dengan harapan bisa disewa nganter kita  ke Wonosobo. Pas disamperin ternyata yg gue liat secara fisiknya ini mobil kemungkinan besar ga bakal kuat nanjak. Dari pada penasaran gue tanya aja sama orang rumah yg persis mobil ini di parkir “Assalamuallaikum, kulo nuwun” udah dua kali salam belom keluar juga nii orangnya, pas ketiga kalinya baru keluar. Jengg jeenngggg ternyata ibu ibu yg keluar, “permisi Ibu, didepan itu mobilnya Ibu?” “ohh bukan mas, itu mobil samping saya, tapi orangnya baru aja pergi” “ohh baru pergi toh Bu, Ibu kira kira tau kah kalo mobil itu bisa disewakan?” “ohh bisa mas, mobilnya sering dipake ko buat ke Pasar, emang mas nya mao kemana?” “kita arep dolan ke Prau Bu, ke daerah Dieng” “duh mas kalo mobilnya Ibu rasa sii ga kuat buat nanjak deh mas, tapi coba aja dulu mas telpon ke nomornya *sambul nunjukiin nomor telpon yg ada di depan rumahnya*” “ok dah Bu kalau begitu, ohh ya Bu, Ibu jualan ya? Kita bisa sarapan disini Bu?” “iya mas, silahkan sarapan disini aja” “enjeh Bu, kulo tak panggil konco dulu yo” “enjehh enjehh mas monggo” *ngambil keril dan sarapan kita”.


Gue ga langsung sarapan dulu, gue masih mao nikmati udara yg sungguh jarang gue dapetin kalo di rumah, duduk didepan rumah sambil ngeliatin anak anak yg mao sekolah dianterin sama orangtuanya, dan terkadang gue natap lepas gunung yg disana, iya disana *anggap aja ada gunungnya*. Udah pada pesen sarapan semua, dan gue baru mulai makan, gue paling ga bisa makan banyak, gue minta nasinya dikit aja tapi lauknya yg banyak hehehhee. Ga mahal ko, cukup pake duit imam bonjol aja selembar udah kenyang :) ohh iya bre, jangan sampe ya perut kalian kosong, setidaknya ga laper, kalo laper ganjel aja pake krikil lo telen :p  dan biasakan kondisi tubuh lo harus anget terus. Kalo gue sarananin sii lo doping aja jahe anget kalo ga susu coklat, itu sii biasa dopingan gue buat ngangetin tubuh dan menjaga perut ga kosong, lo sama juga? Ahh jodoh berate kita *abaikan*. Baru aja selesai makan tetiba ada Bapak Bapak yg masuk warung dan nawarin kita buat nganter ke Terminal Purwokerto, gue tanya tanya aja sekalian “Pak, bisa ga Pak kalo nganterin kita sampe Dieng, dan kena ongkos berapa?” *bapaknya diem sejenak, gue rasa bingung nii* “bisa aja mas, tapi mobil saya ga kuat mas kalo buat nanjak kesana, soalnya nanjaknya tinggi. Kalo ongkos perorang kena 75ribu mas, tapi kalo masnya ngecer ga nyampe segitu, dari sini sampe Terminal mas cuma limaribu, dari Terminal sampe Wonosobo cuma 20-25ribu, mas nya nanti naek mobil bis yg ¾ ‘cebong jaya’ dari Wonosobo sampe Dieng palingan juga 15-20ribu” “yaudah Pak anterin kita sampe Terminal aja, nanti kita nyambung lagi aja di Wonosobo” jalanlah angkot kita sampe Terminal Purwokerto.

Taraaaa nyampe terminal bre, ga lama turun dari angkot udah ada tuh bis yg arahnya ke Wonosobo, ga mikir mikir lagi langsung naekk kita semua duduk paling belakang dan gue ambil yg paling belakang deket pintu, tetep pilih disini biar kena angin :D. Kak Dewi duduk di depan bareng sama Daniel *tapi ga satu sab, Cuma berdekatan aja* nah Mas Wahyu duduk sama Rini, Kak Diah menyendiri di bangku sampingnya Mas Wahyu, dan gue Rico, Kak Tuti, sama Kak Okta duduk paling belakang. Perjalanan ini cukup lama kita mulai start dari Terminal Purwokerto sekitar jam 08:00an nyampe di Terminal Wonosobo sekitar jam 10:00an. Nah ada yg lucu loh sama Mas Wahyu, karna semaleman tidurnya kurang nyenyak Mas Wahyu langsung tertidur gitu di bis, pas dibelokkan Mas Wahyu kelempar arah kiri hahahhaa *gue ketawa tawa sendirian*. Monoton banget perjalanan ini, bosennnnnn. Buat ngilangin kebosenan gue, gue diri pas dipintu posisi persis kaya sii zafran di film 5cm ngarep banget tiba tiba pevita muncul didepan gue tapi gue tau itu ga bakalan mungkin *ahh sudahlah*. Lagi asik begituan ada Bapak sudah berumur mao naek dan bawa jemuran, gue bantuin Bapak ini naek dan gue kasih tempat duduk sammping gue. Sebenernya gue lagi males ngobrol, tapi entah sejak kapan kita ngobrol bareng sama Bapak itu, fyi dia jualaan tiap hari menempuh jarak kira kira 15km buat dagang jemuran, anaknya 8 bre dan terakhir ini anaknya cewe dan masih kelas 3 sma, kalo lo mao loby silakkan dah sana :) Alhamdulillah bre dapet doa dari beliau, doa buat kita semua supaya liburannya lancar sampe kembali lagi ke Jakarta, dia memperkenalkan diri cuma gue ga engeh siapa namanya, terimakasih banyak Pak sudah mao berbagi cerita dan doanya buat kita. Sebenernya ini ga penting sii tapi sayang kalo ga diceritain. Gue udah kebelet pengen kencing, udah bilang juga sama keneknya dua kali supaya berenti dulu sebentar tapiiiii ini bis ga berhenti henti. Asli gue udah gelisah, dan ternyata gue ga sendirian yg cewe dipojokkan kanan juga udah kebelet juga, tau kan siapa yg di pojokkan? Yupss sii expert hehehee. Gue udah ga tahan langsung aja ke depan bilang sama drivernya buat berhenti sebentar, ketemu Kak Dewi juga ternyata dia merasakan hal yg sama. Jadi yg udah ketahuan kebelet itu ada 3 orang, dan kata  keneknya bilang lagi *gue denger dari Kak Dewi* ada yg kencing, udah ngompol hahahhahaaa. Nyampe juga tempat buat buang hajat, langsung lari dan kita cuma dikasih waktu 5 menit, super sekali driver ini -_-. Setelah buang hajat perjalanan dilanjut sampe Terminal Wonosobo, posisi duduk berubah gue sampingan sama Kak Okta, ngobrol dikit tanya darimana asalnya *pacitan bre, ternyata tetanggan gue*, disini gue belom aktif banget ngobrolnya, emang dari awal lagi males ngobrol.




>> jarene iki bar holy wateran <<
Jam 10:00an lah kita sampe juga di Teminal Wonosobo, dan kita turun semua. Awalnya bingung mao lanjutin perjalanan apa ga dan gue ngelirik diujung ada toilet, dan kitapun kesana. Niatnya istrahat sebentar tapi jadi nerus sampe mandi disini, bongkar keril dan ngambil alat mandi, airnya segeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrr gue mandi mungkin 20 menitan hehehe *mao ketemu Sang pemilik hati jadi harus bersih* baju yg semalem gue pake gue jemur, biar ngilangin bau yg kurang sedap *ngerasa emang udah bau hehheee* udah bersih kita *Mas Wahyu dan Rico* langsung jalan ke Masjid. Setelah selesai Jum’ataan gue melipir ke indomaret buat beli es yg ad kreamnya, sengaja gue bikin pengen orang orang yg nungguin keril. Udah sampe ditempat gue ledekin mereka semua, “segerrrrr banget siang siang makan es kream *sambil jilatin es kream*” pada ngiler kan? Hahhahaa. Daniel yaa Daniel tuh ga bisa liat ada lahan kosong, dimana ada space dikit langsung molor dah, gue balik Jum’atam juga dia masih molor. Makan sianglah dulu kita baru lanjut perjalanan ke patok banteng *basecamp ke Prau* gue cuma pesen yg murmer aja, soalnya semalem dibawain bekel rending + tempe jamuran sama emaknya Rico, kan sayang kalo ga dimakan, tar tempenya makin jamuran :D.

Waktu udah nunjukkin jam 14:00 dan kita langsung bergegas melanjutkan perjalanan, ternyata bis nya udah ada dan drivernya baek banget naikin keril kita semua ke atas bisnya. Udah pada naek nii semua kerilnya, dan bis kita jalan *wihh ngebut, bakalan cepet nyampe nii* lahh kok belok nii bis? Ko malah masuk barisan bis bis perpalan (bis yg ga jalan, bisa karena ga ada penumpang atau ada masalah sama bisnya sendiri)? Ada apa ini?

To be continue… lanjut part 2



0 komentar: