Senin, 28 September 2015 | By: Unknown

part 4

Karna udah jelas besok pagi kita mao kemana dan nitip barang barang di rumahnya Mas Toro ya kita cabut ke basecamp buat istirahat. Masih aja sob ini pendaki pada mao nanjak, dan gue tanya sama salah satu yg jaga katanya udah hampir 2000 orang yg daftar, lo bayangin dah sob ini gunung penuh dengan lautan orang. Gelar SB langsung ngeringkuk pas banget gue tidur di depan pintu basecamp, itu tandanya angin bakalan dateng tepat ngenain gue. Ga terasa dingin sob, bener bener anget nii badan hahahaa. Entah jam berapa gue mendusir gue liat ke kanan ada yg tidurnya berpelukkan gitu deh, siapa dia? Ya siapa lagi kalo bukan yg lagi kasmaran :D. Gue ngitung ko ada yg ilang satu? Gue liat ke kiri ga ada juga, malah ngeliat Kak Diah badannya gemeteran kedinginan lagi. Tapi itu udah diatasin sama Kak Okta, dia saling berpelukkan berdempetan. Bener ilang satu orang gue tungguin 10 menit ga balik balik, gue liat keluar ga ada, ahh paling juga boker *pikir gue* lanjut tidur aja lagi.

Pagi pun datang, alarm tubuh langsung ngebangunin gue dan mengajak gue ke wc. Kaki ini ga bisa diem maonya jalan terus gue jalan aja ke jalan raya, ketemu dan ngobrol sama warga sini. Gue diajak dia *ga tanya namanya* buat nikmatin sunrise di pinggir jalan arah pulang pas jembatan yg lagi diperbaiki, kata dia viewnya bagus banget. Pas giliran ada kendaraan mao arah ke sana tetiba panggilan alam dan wajib ditunaikan, niat awal pengen ikut gue batalain. Gue langsung balik ke basecamp ngambil tisu dan ke wc *legaaaaaa*. Hhhmm masih pada tidur ya, hhhmmm kalo ngeliat kaya gini hasrat buat masuk SB bener bener kuat, ikutan masuk SB lagi. Udah pada bangun semua dan pada sarapan, gue mah belakangan aja makannya, biar kenyangnya awet sampe tahun depan :3.

Sebagian udah pada sarapan, dan gue yg paling terakhir sarapan. Cukup banyak pilihan lauknya, dan gue memutuskan ngambil 4 lauk dari 5 lauk yg udah di masak *khilaf*. Kita makan ga lama lama ko, udah selesai makan kita langsung balik lagi ke Basecamp dan packing kembali barang barang bawaan kita. Selesai packing kita langsung jalan ke rumahnya Mas Toro, iya kita ke rumahnya untuk nitip keril dan seperangkat alat camping bukan seperangkat alat akad sob *eehh*. Gue ga tau jam berapa kita jalan dari rumahnya Mas Toro, yg jelas udah siang. Tepat di depan gang Basecamp kita nunggu angkutan bis ¾ arah ke Dieng, ga perlu menunggu waktu yg lama bisnya udah ada. Naeklah kita, rame coy semacem naek KRL jurusan Bogor – Jakarta Kota gitu dah dempet dempetan. Sekitar 30 menit kita sampe di lokasi objek wisata Candi Arjuna, tapi sepanjang perjalanan gue ga nemuin tuh tulisan di gapura “Selamat Datang Dieng” kaya orang orang gitu, ahh mungkin beda jalur. Pas di depan gang masuk arah komplek Candi ada Indomaret, sebelom masuk kita cari amunisi dulu sob, gue sih biasa es kream sama susu coklat. Tiket masuknya tergolong murah, cukup dengan 1 lembar gambar pahlawan Sultan Mahmud Badaruddin II untuk beberapa candi. Pertama masuk udah di suguhin dengan kata“purwaceng” sebenernya gue udah tau itu apa, tapi sampe detik ini gue belom pernah nyobain itu.

otw candi

Ini Candi sama persis lah kaya Candi Prambanan & Candi Borobudur, sama sama batu yg di tumpuk doang *parah lo hid ga menghargai sejarah, suruh bikin juga kaga bakalan sanggup* hehehee. Banyak juga yg dateng kemari sob, dan kebanyakan dari luar kota soalnya gue lihat plat nomor kendaraannya bukan asli sini. Muter muter nyariin telaga warnanya, sampek ke ujung kompleks candi. Bukannya telaga warna yg kita dapat malah ngeliat rawa rawa hahhaaa. Ehh disana ada anak anak yg lagi bermain, kita ajak aja foto foto :). Rasa kekecewaan hadir dalam benak ini karna ga menemukan Telaga Warna, padahal indah banget dilihat dari Puncak Prau, andai aja menemukan Telaga Warna, gue udah punya rencana tersendiri menikmati alamnya. Oh iya didekat rawa rawa sana ada gazibo buat istirahat sekedar duduk duduk manis, kita menikmati kebersamaan ini, sambil menatap masa depan yg sangat cerah :D.

Senangnya melihat anak anak riang bermain disekitaran gazibo yg kita singgahi ini, mereka masih bisa bermain dan bercengkrama dengan alam, tidak dengan anak anak kebanyakan yg sudah di jejali dengan barang barang elektorik. Masih penasaran sih kita mao cari Telaga Warnanya, jalan lagi ke arah komplek candi yg lain, mungkin emang udah ga boleh kesana *ga ketemu juga* hahaaa.

travellary

Ga terasa loh kita jalan jalan, gue liat jam di tangan udah jam 11:00 aja, bergegas kembali ke rumah Pak Toro. Iihhiiyyy udah sampe aja di rumahnya Pak Toro, kita dipersilakkan masuk dan beristirahat sejenak. Tak disangka sangka Pak Toro menjamu kita dengan sepenuh hati, ahh jadi enak nih kalo begini hahhaa. Udah masuk waktu zuhur, kitapun bergantian menunaikan kewajiban dan berkemas, kita pamit pulang dengan keluarga Pak Toro. 13:30 kita jalan pulang, dan mencari kendaraan arah ke terminal wonosobo. Tak disangka banyak juga yg kembali ke kota nya masing masing, gue coba cari barengan sampe Stasiun Purwokerto. Dari sekian banyaknya orang cuma 1 rombongan aja yg punya rencana sama kaya kita, fixs kita bareng dan mencari carteran buat nganter kita ke Stasiun. Udah 1 jam lebih kita belom jalan juga masih mencari kendaraan, hhhaaaiiiissss orang yg tadi mao bareng sama kita udah jalan duluan, karna jadwal kreta dia jam 18:20an. Mereka ngecer dulu ke terminal Wonosobo lalu lanjut lagi ke Stasiun Purwokerto, oia sebelumnya gue minta kontaknya biar tau kondisi jalanan yg nantinya kita lalui. Dia udah berangkat 15 menit yg lalu, dan gue masih mencari kendaraan *I will not stay on the ground*. Kesabaran yg membuahkan hasil, gue memutuskan sepihak buat carter angkot langsung ke Stasiun Purwokerto dan langsung cuss jalan. Menyusuri jalan dan dapet sms dari orang yg sebelumnya kita mao bareng ke stasiun “jalanan macet parah hid, kita udah ga bisa ngejar kreta jadi kita ngecer naik bis” ujar orang itu *maaf gue lupa nama orangnya hehee*.

macet total
Iya benar, jalanan macet parah bahkan cenderung ga jalan sama sekali. “Udah jam 16:00 coy, mana cukup juga ini kita sampe Stasiun” *ngomong sendiri, gue diem aja memendam rasa ini* sampe akhirnya gue bete di dalem angkot, dan memutuskan jalan kaki *ditemenin Richo*. Gue jalan kaki sampe menemukan Masjid, istirahat dimari sekedar meluruskan kaki, dan ngeliatin orang orang yg bermacetan ria. Gue dan Richo mencari solusi naik apa nantinya kita, karna kita udah memprediksikan ga bakalan ngejar jam keberangkatan kreta. Opsi demi opsi diutarakan, gue punya komunitas yg bisa bantu gue kalo kemana mana naek bis, dan di komunitas gue walaupun belom pernah sama sekali bertatap muka secara langsung tapi udah merasa menjadi saudara #SejatinipunSeduluran. Ga perlu sungkan meminta bantuan boking tiket bahkan untuk singgah bermalam dan bakalan dijamu sama kaya di rumahnya Pak Toro, naasnya semua kontak ada di hp gue hahahhaaa. Sipp opsi A – Z udah dipersiapkan, ga lama gue liat Kak Dewi sama pangerannya Daniel, loh malah nyusulin kita. Ternyata dia membawakan makanan katanya yg di dalem angkot udah pada laper jadi Kak Dewi dan Daniel cari makanan. Iihhh dateng lagi satu orang Mas Wahyu, alamakk abis dah laki lakinya di angkot. Kalo angkotnya kabur gimana? barang barang ada di keril semua gue langsung balik lagi ke angkot. Jam ditangan gue udah nunjukiin pukul 17:00 sang surya sudah bersiap cuci kaki bersiap bobo cantik, sementara kita masih dalam perjalanan menuju stasiun. Di dalam perjalanan kita ngobrol satu sama lain, kata Kak Okta “macet? Udahlah biarain aja, lo mao marah kaya apapun dan merasa gelisah ga akan merubah keadaan, nikmatin aja. Toh nyampenya juga sama aja bakalan telat”. Dan ada 1 lagi orang yg kena serangan tiba tiba, yaa dia Kak Tuti, dia kena serangan mag untungnya dia udah bisa ngatasin dirinya sendiri :).

Gue istirahat sekedar memejamkan mata, pules? Kagalahh yg penting mata merem aja, biar ga cape cape banget hiihiiiiii. Sang driver udah berusaha memacu kendaraannya secepat mungkin, iihiiyyy udah lewat jadwal keberangkatan kreta kita 19:00. Biarlah sesampainya aja kita di stasiun jam berapa yg penting berusaha dulu, sapa tau aja kretanya belom berangkat trouble bannya bocor gitu jadi ganti ban dulu hahahaaa *menghayalnya bego*. Udah sampe nih kita di Stasiun, gue nyuruh Kak Dewi sama Richo ngecek keberangkatan keretanya, dan gue yg nanganin angkotnya. Kreta udah jalan, kita memutuskan naik bis dari Terminal Purwokerto, gue minta anterin sama Pak Drivernya ke Terminal Purwokerto, sesampainya disana udah ada calo yg menawarkan kita naik bis Dedy Jaya, gue cuma naggapinnya semau gue aja. Karna gue masih mao cari lagi bis lainnya. Kak Dewi masih cari cari tiket balik kreta api jadwal besokkan harinya, gue mikirnya kalo naek kreta lagi bakalan keluar ongkos lagi ke Stasiunnya, belom lagi biaya makannya *gue udah ga megang duit, cuma 80rb doang*. Kepala udah senut senut, gue ngomomg tapi ditanggapi serius, Richo nyelametin gue dan dia yg ngajak gue ngomomg. Ok fixs option gue dimabil sama Richo dan memutuskan naek bis yg ditawarkan si calo diawal. Pake duitnya Kak Okta sama Kak Diah dulu buat nalangin tiketnya, kita berbagi tugas. Gue suruh Kak Dewi sama Daniel beli makanan, dan selebihnya ngikut gue buat naro keril di bagasi bis. Duit gue tinggal 2 lembar pahlawan Antasari dan 1 logam seribuan *buat jaga jaga ke toilet*.

Rini ga berani naek bis sendirian *terpisah duduk samaorang yg dikenal*, 95% bangku udah ditempati semua, dan ada bangku tapi spacenya satu satu semua. Binggo ada juga orang yg masih baik hati mao pindah tempat duduknya, terimakasih Pak :). Kak Dewi sama Daniel belom naek juga, dia masih beli nasi buat kita semua, penumpang lain udah pada resah ini bis ga jalan jalan hanya nungguin 2 orang lagi. Pas udah keliatan tuh Kak Dewi sama Daniel ada penumpang lain yg nyeletuk dan kedengeran sama kuping gue “halah ditungguin lama lama malah pacaran” gue pengen balesin omongan tuh orang karna gue ga tau siapa yg ngomong. “jangan menjudge orang secara langsung kalo lo ga tau apa yg diperbuat sama orang yg lo judge itu, bisa jadi orang yg lo judge itu lebih baik dari lo. Dia telah menyelamatkan kita dari namanya kelaparan”. Mereka pun naik dan membagikan kita makan, gue suruh Rini makan dia bilang nanti aja, ywdh gue makan duluan *duuaarr kepala ikan* gue tuker aja lauk gue sama menunya Rini *ayam* hihihihii. Parah ini bis jalannya kaya siput, dan lebih parahnya lagi ga masuk tol Pejagan, malah muter ke Pekalongan. Perut kenyang mata pun mengisyaratkan untuk merem *kemudian tidur ayam*. Bis berhenti dan sang kondektur bilang istirahat makan, gue turun dari bis ngeliat liat suasana sekitar rumah makan dan nengokiin musholanya *ga diurus sama sekali ini mushola*. Ada satu bapak bapak yg turun dan dia bawa tasnya terus naek Travel, tersirat dengan jelas bakalan lama sampe Jakarta jadi bapak ini memutuskan naik kendaraan lain. Emag sih gue tau kondisi bis ini ketika baru jalan aja udah berasa ga ada taikkannya, dan beberapa kali gue denger suara persenelingnya ga pas *kkrooookkk* dan ditandai dengan AC nya ga dingin. Asli gue gregetan banget sama Drivernya, pelan banget bawanya, masa di salip sama truk treler yg bannya 18 kan gilaa. Rasanya pengen banget gue yg bawa ini bis zzzzzzzzzzzzzzzzz. Oia kaki gue bengkak, setelapak kaki tuh bengkak kaya kaki gajah dan nyut nyutan, sepanjang perjalanan ini gue abisin cuma tidur doang. Jam udah nunjukkin pukul 04:20 dan bis berhenti di tempat makan yg sangat sepi dan jauh dari kehidupan *mungkin masih terlalu pagi* cuci muka dan ngecek kaki gue yg bengkak, ternyata belom kempes juga kaki gue, rebahan di mushola *kali ini musholanya bagus dan terawat*.

Kampung Rambutan
Gue masuk ke dalem bis dan melanjutkan perjalanan kembali, masih lama ini mah sampe Jakarta ya gue tidur aja lagi. Jengjenggg sampe di Bekasi, dan ternyata ini adalah pemberhentian terakhir, ga sesuai sama janji diawal kita kan turun di Kampung Rambutan. Penumpang yg turun di Kampung Rambutan pada protes termaksud gue juga, dan sang Driverpun mau mengantarkan kita ke Kampung Rambutan. Tapi sang Driver udah merasa cape banget bawa bis yg ga sehat ini, dari Purwokerto sampe Bekasi engkelan tuh sebenernya masih belom cape cape banget *kalo kondisi kendaraan yg dibawa sehat*. Alhamdulillah ada mantan Driver truk ekspedisi di Amerika, dia juga ngeluh stirnya berat dan gue bantu buat ngebelokkin setirnya ini. Sampe juga kita di Kampung Rambutan, kalo ga salah liat itu tuh udah jam 10:00an. Rini Kak Dewi dan Richo di jemput sama Kakanya Kak Dewi, Daniel udah pulang duluan naek bis lagi ke arah Kota, Kak Okta dan Kak Diah naek bis arah bogor berbarengan sama Kak Tuti dan Mas Wahyu. Dan gue? Gue numpang sama Kak Dewi sampe depan gang rumah gue *ga nyisa duit seribu pun hahhahaa*.

Terimkasih atas kesempatan dan waktunya, gue banyak belajar dari kalian semua. See you next trip #Travellary