Minggu, 20 September 2015 | By: Unknown

Pertama Kali Donor Darah

Dari dulu tuh gue pengen banget yg namanya donor darah, gue cari cari informasi tapi belom dapet informasi yg pas. Minggu 13 spetember 2015 lalu gue buka IG baca baca caption dari IG teladan.rasul ada Dora (donor darah) di September  ceria  yg di adain Departemen Sosial  Masyrakat  HMP FKM UI. Acaranya diadakan pada hari  Minggu 20 September  2015, acaranya sih mulai jam 08:00 tapi gue dateng jam 09:30. Baru pertama kali gue donor, ga ada tuh namanya rasa deg degan kaya deket kamu *eehh*. Pertama gue regis dulu sama kaka kaka yg jaga disini, dan gue dikasih fd 8gb sama snack ringan + teh botol. Karna gue baru gue cari info apa aja sih syaratnya? Ternyata ga banyak ko syaratnya, tekanan darah harus normal, berat badan minimal 45kg, istirahat yg cukup ga boleh bergadang sob, minimal usia 17 tahun.

Sembari nama gue dipanggil buat di periksa tes tekanan darah sama tes kadar HB, gue ngobrol sama orang yg udah pernah donor. Baru juga mukadimah nama dia udah dipanggil aja, gagal deh cari informasi. Dia udah keluar baru gue mao tanya tanya dia udah ngomomg duluan “yah mas saya ga bisa donor, lagi ga fit tubuh saya. Semelem bergadang” baru juga gue mao jawab nama gue dipanggil, ywdh kita berpisah *huhuhuhuuu* masuk ke dalem ruangan dan gue suruh duduk, pertama ditanya golongan darahnya apa, terus ditanya riwayat punya penyakit apa, ditanya lagi minum obat obatan dalam 2 hari kebelakang apa ga, sama ditanya keluar negri  dalam 3 bulan kebelakang apa ga, udah itu aja. Tibalah saatnya gue ngulurin tangan kanan gue buat periksa tekanan darah, Alhamdulillah normal sob 110 per berapannya gue ga denger, pokoknya gue bisa donor. Habis itu gue cek berat badan, hhhmmm berat badan gue berkurang lagi yg tadinya 56kg sekarang jadi 55kg. Geser ke bangku kanan buat tes golongan darah lagi, karna gue pertama kalinya jadi di tes lagi buat memastikan kalo gue beneran golongan darahnya ttiitttttt *sensor* :p.

Udah selesai itu semua, gue pindah ruangan. Ga pake lama gue langsung masuk, oh iya pas mao masuk yg jaga itu ngasih gue tisu basah *gue bingung buat apa, dan gue tanya aja* “buat apa ini mba?” “buat lengannya pak, kalo udah diambil darahnya” “panggil mas aja mba, belom jadi bapak *sambil senyum manis* :) dan dia membalas dengan senyuman yg natural :) *abaikan*. Baru mao duduk nunggu antrian ehh udah di suruh langsung tiduran aja, gue pun langsung nyamperin mba mba yg ngambil darah. Ga nunggu diintruksi gue langsung tiduran aja, “lengan kanannya mas” ujar mba mba yg jaga. Gue liatin mba mbanya terpampang jelas di dada sebalah kiri dari dia #Sukabumi gue langsung tanya aja. “mba ditugaskan dari Sukabumi?” “iya mas, udah disana lagi kekurangan darah, udah di atur jadwalnya disini. Itu di ruangan sebeleh malah lebih jauh, dari Majalengka mas” “jauh juga ya mba”. Sebenernya gue banyak berintraksi dengan petugas mba mba ini, masih muda perkiraan gue secara face 25an gitu deh.  Awalnya dia diem aja keliatan banget rasa borednya, gue ajak ngobrol dia antusias banget bahkan sampe gue udah selesai masih aja diajak ngobrol.

Oia sengaja gue liat jam berapa lama sih waktu yg dibutuhkan buat ngabil darah sampe 350cc, kalo gue pribadi cuma 8 menit, tapi yg disamping gue mungkin udah ada 15 menit belom selesai selesai juga. Soalnya sebelom gue tiduran tuh anak udah diambil darahnya duluan, gue udah selesai dia juga belom selesai. Dia nyeletuk, “mba mas itu ko udahan cepet banget, ko aku belom selesai juga?” “iya mba, kalo cewe rata rata arterinya kecil jadi keluarnya lama” gue nyamber aja kaya petir “bisa juga karna kurang olahraga kan mba? Jadi sirkulasi aliran darah kurang lancar” “bener banget mas *dia sambil senyum, khas banget senyumnya*”. Gue potong aja lagi pembicaraan mba mba yg disamping gue, biar facenya ngadep ke gue hhehehee. “tanya lagi dong mba, kan donor darah itu gratis ya, sedangkan di rumah sakit itu bayar. Semahal apa sih mba kantong dan peralatannya itu?” | “oh mahal banget mas, buat memeriksanya aja itu udah mahal, belom lagi biaya transportasinya yah, terus buat menaruh darah agar tetap steril juga beda lagi mas.” | “nah, pasti ada dong darah yg di reject maksudnya ga digunakan sama PMI apakah dikubur atau diapakan gitu mba?” | “ga di kubur mas, kita ada perusahaan *ga inget nama perusahaannya* di krawang, darah yg ga sesuai dengan kualitasnya akan dibakar. Dulu kita dibuang begitu aja, trus ada yg mendaur ulang jarum suntiknya” *gue potong* “daur ulang gimana maksudnya mba?” “kan ada tuh yg jualan jarum suntik buat anak anak, nah itu maksudnya, trus tragisnya kita kena liput sama wartawan Malaysia / Singapure *antara 2 negara itu gitu gue kurang memperthatikan nama negaranya* jadi Malaysia / Singapure itu bikin perusahaan di Krawang buat menghanguskan limbahnya mas, termaksud darah dan jarum suntiknya. Jadi ga ada yg tersisa” | “cerdas juga ya mba negara tetangga, mencari kesalahan dan membuat perusahaan di negara kita *gue sambil ketawa jahat*” dia cuma senyum aja, khas banget senyumnya, gue pun bales senyuman :). “terimakasih banyak mba, semoga kita bisa bertemu kembali dilain kesempatan” | “terimaskih juga mas sudah membantu, setetes darah mas akan sangat berguna bagi yg lain *senyum lagi doi, haduhhhhh*”

Sebenernya masih banyak berdialog, cukup segini aja ya hehheee. Oia banyak yg bilang kalo abis donor darah tuh suka pusing dan ngedrop, alhamdulillah tuh gue baik baik aja padahal gue darah rendah loh *kebetulan tensi gue normal dan sehat jadi bisa donor darah*. “Dimana ada niat disitu ada jalan”. Fyi diambil darah tuh ga sakit, blas ga ada rasa sakit sama sekali. Cuma kalo udah lo liat bekas jarum yg nempel di tempat lo diambil darahnya keliatan gede lobangnya, iya cukup gede karna gue liat secara langsung itu jarumnya langsung masuk kedalam urat sekitar 5mm dan kira kira diameter jarumnya itu 1.5mm lah *perkiraan loh*. Sory ga bisa kasih liat fotonya, gue terlalu fokus berdialog, kalo mao liat ayo sama gue, gue temenin donor :).


Semua yg ada dalam tubuh kita ini ada haknya bagi orang lain loh, menurut gue pribadi dengan berdonor darah adalah salah satu menunaikan hak ini. Dan gue ketagihan mao donor lagi, kalo kalian punya info ada donor darah lagi kabarin gue ya via email aja wahidhun@gmail.com. Oh iya gue bisa donor lagi setelah 75hari *waktu yg ideal* dari sekarang, jadi bisa donor lagi awal tahun 2016.


2 komentar:

Admin mengatakan...

Mantap... Cerita nya untuk baca postingan lain nya silahkan baca di Postingin aja

Admin mengatakan...

Atau untuk info tentang game bisa juga lihat disini game news update