Rabu, 02 September 2015 | By: Unknown

holiday without phone (Mt. Prau 2565mdpl) part2

Daniel sang Arjuna kak Dewi
 Ada apa ini? ga ada apa apa sii, kalo belom baca dari awal pasti ga tau kan ada apa? hehehe bisa "baca disini" dulu, biar ngerti jalan ceritanya :) Ndeladahhh mesinnya malah dimatiin, bakalan lama ngetem nii *pikir gue, udah apal gue yg kaya ginian* mao gimana lagi yaudah nikmatin aja, toh kalo lo marah marah juga ga bakalan bisa jalan juga nii bisnya. Gue ngerti itung itungan mobil yg mao jalan apa kaga, kalo cuma kita doang penumpangnya ga bakalan nutup solarnya sampe atas, pilihan gue pun sama lebih baik perpal. Jadi kita harus nunggu ada penumpang lain yg mao ke Dieng juga #legowo “panjenengan urip ning kota liyone, kudu apik ning masyarakat’ne, panjenengan apik Insya Alloh liane pun apik karo panjenegan.” Gue turun dari bis dan gue samperin drivernya sedikit tanya tanya kapan jalannya, ga lama gue balik ke tempat bis perpal, intinya gue ngobrol sama tuh driver katanya nungguin penumpang lain, yg “katanya” 30menit lagi sampe sini. Jam terus berjalan dan gue liat jam udah nunjukkin jam 15:00 ya kita udah nungguin 1 jam.
******
Ada loh penumpang yg tadinya udah naek terus turun lagi karna ga jalan jalan nii bisnya, bawa bayi pula *kalo gue jadi dia gue juga melakukkan hal sama*. Ok, gue jalan jalan aja ke sekeliling bis perpalan, dideket bis kita perpal ada Rico, Kak Diah, Kak Okta dan Mas Wahyu. Mulai disini kita aktif ngobrol, tanya tanya tanya ternyata kita satu almamater cuma beda angkatan aja :D. mulai nakal deh kita, maen ceng cengan hahhaaa, akrab bahkan akrab banget kaya orang udah maen lama aja, padahal kita semua baru ketemu semalem. Disisi lain ada yg foto foto di depan bis, ya mereka berdualah yg lagi kasmaran, kita mah apa atuh cuma nemenin mereka libuaran aja :D

otw basecamp
Udah lama nunggu akhirnya ada juga yg dateng, ok sip bis udah mulai terisi dan jam udah nunjukin 15:30 waktunya sholat, Mas Wahyu udah duluan ke Mushola dan Kak Dewi langsung jalan ke Mushola juga sementara itu gue masih duduk manis di dalem bis. Bis udah mao jalan Kak Dewi masih di Mushola *tenang aja ga bakalan ditinggalin ko* udah pada masuk semua dan bis kita pun berangkat. Perjalanan ke Patok Banteng memakan waktu 1 jam, tak terasa udah sampe di Patak Banteng  (16:45) dan kami semua turun dari bis lalu melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sampai ke basecamp Patak Banteng. Basecampnya ga jauh ko dari jalan raya, udah sampe gue langsung menggugurkan kewajiban lalu balik lagi ke basecamp menyiapkan segalanya buat nanjak nanti malam. Udara disini dingin sob, gue coba menghembuskan nafas dari mulut sekaligus *keluar asep tebel* mencoba menyesuaikan dinginnya udara disini tapi tetep aja gue kedinginan *emang ga kuat dingin*. Udah hampir magrib dan kita masih sibuk, Daniel ngambil air buat persisapan kita hiking karna cuma ada dua pengisiian air, disini (basecamp) dan di pos 1. Adzan pun memanggil kita, kita bergantian menunaikan kewajiban, setelah semuanya selesai kita pun bergegas dan siap jalan. Sebelum berjalan kita berdoa menurut kepercayaan masing masing *doa di pimpim Rico*. Tepat 19:00 kita berjalan menelusuri perkampungan, medan dimulai dengan anak tangga yg cukup banyak. Disini gue jalan paling awal *sokk banget, baru pertama kali udah jalan duluan* ga lama ko pada ilang, ternyata Kak Okta udah mulai ga kuat, kita jalan perlahan tapi pasti. Oia Kak Okta ini punya asma jadinya ga bisa jalan cepet samaan lah kaya gue, ga bisa jalan cepet jadi sepanjang perjalanan ini gue ada temennya hehehheee. Karna Kak Okta kurang kuat jadi tasnya dibawain sama *sama siapa gue lupa* pokoknya sii Daniel bawa 2 tas, hebat nii anak 1 bawa keril 1 lagi bawa daypack.


persiapan hiking, hayoo cari gue dimana?


Beloman juga sampe Pos1 gue udah engap, jantung serasa menyempit + kaya ditusuk pas di dada kanan gue, gue coba tahan dan kuatin kondisi ini, ternyata gue udah ga kuat. Langsung gue keluarin oksigen dan gue hirup dalem dalem, nafas seketika plong lagi. Gue emang paling ga kuat yg namanya olahraga fisik, dari kecil gue udah ga kuat lari, telapak tangan gue suka basah berkeringat *apalagi kalo deket kamu, jantung pun ikutan berdebar debar eeaaa :D*. Tak terasa kita berjalan udah 1 jam lebih dan udah sampe di Pos2, dari Pos1 sampe ke Pos2 ini bener bener ga ada bonusnya. Di Pos2 ini kita ngereffil air, disini kita masih baik baik aja dan melanjutkan lagi perjalanan sampe ke Pos3. Nama Posnya unik #cacingan pos disini cuma ada dataran rata aja, itupun ga luas luas banget, tapi cukuplah buat istrahat. Nah mulai dari sini medannya sungguh sangat menguras tenaga. Gue senterin ke arah atas, behhh tinggi bener nii treknya untungngya kita jalan malem jadi ga keliatan trek yg sesungguhnya sangat sangat menguras tenaga. Ok disni gue udah mulai engap, nafas udah senin kemis *berusaha menyesuaikan diri ga ngeluarin oksigen* beberapa kali gue ketinggalan temen temen.

Dan mulailah satu persatu kita kewalahan, sebentar bentar istirahat. Hampir setiap berhenti sebagian dari kita ada yg minum sekedar mambasahi kerongkongan. Kak Diah tiba tiba bilang kalo badannya kedinginan, Rico yg jalannya barengan sama gue langsung ngeluarin jashujannya dari keril langsung menghapiri Kak Diah buat kasih kehangatan. Mulai dari sini tempo mendaki kita makin melambat, keril yg dibawa Kak Diah dibawa duluan sama Rico ke atas terus Rico balik lagi kebawah buat ngambil kerilnya ke atas. Udah cukup lumayan kita berjalan gue liat jam ditangan udah nunjukkin jam 22:00. Kita pun istirahat kembali, pas kita istirahat gue liat ada kilauan cahaya yg cukup terang, arahnya dari bukit sebrang. Dan Rico pun bersabda “Mba Dewi matiin dah senternya, liat ke arah sana *sambil nunjuk kearah bukit yg terang itu*” “ahh apa sii co? ada apa? Ga ada apa apa ahh *Kak Dewi ketakutan disangka suruh liat yg aneh aneh*” gue pun nyuruh semuanya matiin senter dan liat ke langit. Dulu gue lihat yg kaya ginian cuma di Planetarium *waktu SD* sekarang liat secara langsung penuh dengan lautan cahaya bintang bintang #speechless betapa Indahnya Ciptaan Mu Ya Rabb sampai mulut ini tak bisa berucap, hanya penuh kekaguman *Masyaalloh, terus terucap dalam hati dan termenung*.  Ok lanjut perjalanan kita, tempo semakin melambat, tadi udah lambat sekarang makin melambat. Gue makin ketinggalan, yg paling belakang tinggal gue, Kak Okta, Mas Wahyu, sama Kak Diah. Gue masih kuat *lebih tepatnya dikuat kuatin* bentar bentar berhenti ngambil nafas, tanjakkannya makin parah berdebu + merambat akar dan sering kali ini paha sampe nyentuh dada *saking tingginya trek yg kita lalui*. Gue denger suara teriakkan dari atas beserta sinar dari senter “Hid, gue duluan ya diriin tenda” “Ok sip, dibelakang gue yg backup” dan kemudian kilauan cahaya + suara itu menghilang.

Jalan makin parahhhhhh, nahh Kak Diah udah ga sanggup lagi naek, “gue ga bisa ga bisa *keluar air matanya, walau cuma sedikit*” gue keluarin webbing buat narik Kak Diah, gue nanjak duluan ke atas dan cari pijakkan yg kuat buat narik. Sekali dua kali berhasil, pas yg ketiga kalinya pijakkan kaki gue udah mantep tapi posisi gue ngunci, tiba tiba paha kanan gue keram “tolong tolong kaki gue keram, kaki gue keram ga kuattttttt *teriak minta tolong, posisi hamper mao rukuk*” dan Mas Wahyu nyamperin gue buat nolongin gue dengan senjatanya counterpaint yg dioles oles dipaha gue *anjirr gue grepe grepe sama cowo, ngarep cewe yg grepe grep, aiihhhh* mungkin ada 5 menitan gue ga gerak sama sekali *istighfar terus*. Kepala gue berat banget nahan keril, sampe ga kuat bangun. Entah siapa yg nolongin gue buat bangunin keril gue, terimkasih ya udah bantu ngangkat kerilnya. Pas gue liat ternyata ga ada orang di atas gue *bodoo amat siapa yg bangunin gue, mungkin sang dewi penyelamat*. Setelah gue membaik, gue jalan sendiri pelan pelan *paha masih berasa sakitnya* Kak Diah udah bisa jalan sendiri tapi ga bawa daypacknya *daypacknya dibawain sama Mas Wahyu*. “Mas sory ya gue ga bisa bantuin lo, kaki gue masih sakit ga kuat bawa banyak, keril gue udah berat banget” “hehehe ga apa apa hid, santai aja, gue juga pelan pelan ko” bales Mas Wahyu. Dan gantian Kak Okta yg temponya semakin melambat, bahkan lebih lambat dari gue. Sungguh delima malam itu, ibaratnya oksigen yg gue bawa adalah nyawa gue, dan disana Kak Okta udah ga kuat, gue mao ngasih tapi isi oksigennya cuma dikit ga dikasih diannya udah megap megap *guenya bingung harus berbuat apa*. Ok gue tunggu dan jalan pelan pelan aja sama yg lain. Jam di tangan udah nunjukkin pukul 22:50 udah hamper 4 jam kita jalan tapi belom sampe puncak, ada rasa khawatir dalam benak gue *tapi gue buang jauh jauh, melawan segala asa, yakin gue bisa*. Jalan yg kita lalui udah ga merambat akar lagi, tapi menaiki tangga, duhh rasanya sakit banget nii paha, bukan hanya sekedar sakit tapi lemes gue mesti berhenti buat lurusuin kaki. Pas gue istirahat gue liat Daniel, ternyata dia tidur *duhh bahaya banget nii orang bisa gitu tidur disaat saat kaya gini* “Daniel lo ok? Masih kuat kan lo?” dia cuma manggut manggut doang sama bilang “iya”.

Lanjut perjalanan lagi dan gue bilang sama Kak Okta “Kak ayo cepat jalan Kak, jangan kelamaan duduk nanti males, kedinginan, bisa keram lagi” kita berjalan pelan pelan banget, gue udah engap berharap Rico turun terus bawain daypack yg gendong sama Mas Wahyu / sama Daniel, tapi itu semua hanya mimpi yg tak kunjung bangun dari tidur. Posisi gue udah diatasnya Kak Diah, dan gue liat dari atas dia merasa ketakutan gue bilangin “meremin mata lo Kak, jangan liat kebawah” Pas gue mao istirahat *gue ngitungin orang* “lah Kak Tuti mana? Ada yg liat Kak Tuti?” “Tuti ngikut pendaki lain yg dari Semarang” *entah siapa yg jawab itu* haduuhhhhhhhhh dalam hati gue pengen teriak, kenapa mesti pecah begini. Gue pun nyusulin Kak Tuti, langkah udah bener bener lelah gue ga kuat, paha lemes dengan seadanya tenaga gue berjalan terus nyamperin Kak Tuti, Alhamdulillah ga beda jauh jarak kita. Ketemu juga nii anak, gue jalan pelan banget sambil nyamperin cahaya yg nyorot kea rah gue. Entah siapa yg nyorotin ini cahaya, pas gue deketin ternyata Kak dewi. “Mana Rico sama Rini? Tendanya sebelah mana? *tanya gue, dan berharap tenda yg gue liat adalah tenda yg udah didirikkan*” “ga tau, gue dari tadi sendirian disini” “yg bener Kak sendirian?” “iya tadi tuh mao diriin tenda disini tapi ga tau dah kemana lagi” udaah gue males ngomong, gue buang muka dan duduk selonjorin kaki. Cape cape banget, tapi tugas belom selesai, gue harus nemuin Rico sama Rini yg menghilang entah dirin tenda dimana. Gue minta minum dulu sedikit terus ngomong sama Kak Dewi ”Kak lo tunggu disini sama yg laen, jangan kemana mana, kalo gue udah ketemu gue balik lagi kesini, denger jangan kemana mana” gue bawa keril dan menelusuri sampe ujung sambil teriak teriak “Ricoooooooo, Riniiiiiiiiiiii” ga ada jawaban sama sekali yg gue denger, gue terus nyorotin tenda tenda ternyata nihill. Pas gue mao balik lagi ke tempat Kak Dewi gue liat ada yg mao diriin tenda, gue sorot senter gue kearah sana Alhamdulillah ketemu juga. Gue nyorotin cahaya senter kearah Kak Dewi “mengsyncronkan sinar senter” dan mereka semua dateng ke tempat pendirian tenda. Ahh gue lega udah sampe, gue mao duduk tapi paha gue sakit ga bisa nunduk. Tenda belom berdiri juga, akhirnya gue juga yg turun tangan buat diriin tenda. Semua bekerjasama biar tendanya cepet berdiri, tenda udah berdiri satu dan ada yg tiba tiba kedinginan…


To be continue…


0 komentar: