Sabtu, 19 September 2015 | By: Unknown

holiday without phone (Mt. Prau 2565mdpl) part3

Siapa yg kedinginan? Apa maksudnya kedinginan? Kedinginan karna apa? Yahhh ga tau ya jalan ceritanya heheheee. Ini niih gue kasih link cerita sebelumnya.

Ya Rini tiba tiba kedinginan, dia langsung masuk ke dalem tenda udah pake SB tapi masih terasa dingin, “lo udah pake jas ujan? Sarung tangaan, kaos kaki?” “udah, udah semua tapi masih berasa dingin” gue suruh tahan napas selama mungkin buat ngangetin badan, gue pijet kakinya sebentar *karna yg pernah gue rasain dingin itu mulai masuk dari kaki* ambil keril yg udah ga ada isinya terus gue masukkin tuh kakinya kedalem keril. Gue tinggal keluar, Kak Dewi yg lanjutin ngurus Rini. Ok bikin tenda lagi sob, kali ini tendanya diputer puter nyari posisi yg pas, dan posisi tenda kita hadap hadapan. Rico pun langsung mengeluarkan matras, kompor dan nesting *masak air biar mateng*  air udah mendidih kita bikin jahe buat menghangatkan badan. Sembari nungguin masakan makanan inti gue beberesin keril yg masih ada diluar dan nyuruh Kak Okta yg di dalam tenda buat gelar matras dan bebenah di dalam. Daniel udah merasa kedinginan *padahal udah pake baju berlapis lapis* gue suruh masuk ke dalem tenda biar merasa anget, Mas Wahyu juga ngikut masuk tenda. Semua udah pada kelaperan *sabar ya tante Rico lagi bikin makanan*


Nyari flysheet buat nangkal angin tapi ga ketemu temu yaudah ga pake itu deh, kita akalin aja dari ujung depan tenda cewe sama tenda cowo digabungin jadi satu, iket sana iket sini jadi. Air udah mendidih langsung ngeracik wedang jahe, kita minum airnya *lumayan lah ngangetin badan*. Lanjut kemasakan inti, ya Rico sama Kak Diah yg bikin masakan kali ini. Menunya apa? Menu yg penting kenyang hahaha. Kak Diah yg dalam perjalanan merasa kedinginan, disini ga merasakan kedinginan, gue suruh masuk ke tenda juga ga mao. Gue tau alasan sesungguhnya adalah deket sama Rico hahahhaa lebih tepatnya lagi sii deket sama kompor. Tiba saatnya makan, cuma satu tempat di nesting dan itu bergilir, sekali muter sekali suapan *indahnya kebersamaan*. Selesai makan kita beresin semua barang barang, ga terasa waktu udah nunjukkin jam 02:00an aja. Buka SB langsung ngedekem “cuma lo doang SB yg paling ngertiin gue.” Gue tidur nyenyak blas ga merasa dingin sama sekali, cuma di pipi ko basah, ternyata basah embun *posisi gue ada dipojok tenda, pipi gue nempel sama tenda*. Gue mendusir, ternyata  Mas Wahyu kedinginan, sii Rico langsung nyalain kompor buat masak air. Emang dah ini orang gercep banget, karna Rico udah masak air gue lanjut tidur lagi :D. 



Entah suara siapa diluar sana rasanya berisik banget, sampe gue bangun dari tidur, ternyata para manusia yg ingin melihat sunrise, niat awal gue ga mao bangun sampe jam 07:00 tapi mata ini ga mao merem lagi dan gue pun ikutan keluar tenda. Gue ga liat jam berapa, yg jelas pas gue keluar tenda udah mao terang aja, dan gue berjalan ketempat kerumunan orang berdiri. Masyaalloh, indah banget Ciptaan Mu Ya Rabb, tak bisa berkata kata gue hanya terdiam dan menikmati ini. Gue lebih banyak berdiam diri, menikmati kehangatan sang penghangat jiwa #sunshine *buka resleting celana, eh salah resleting jaket sambil menghadap matahari*. Belom puas gue lanjut naik ke bukit *gue naek sendirian* terlihat sangat jelas samudra awan dari atas sini yg menyelimuti gunung 3S #Sindoro #Sumbing #Slamet entah rasa apa ini semacam kadar oksitosin yg klimaks. 

Gue turun sebentar buat ngilangin dahaga terus lanjut lagi keatas, tapi pas gue mao keatas lagi ada yg ngikutin, sekalian aja gue suruh bawa hpnya buat dokumentasiin. Samudra awan udah menghilang, dan gue bisa ngeliat jelas ada telaga warna dibawah sana. Dan gue baru tau kalo gunung yg ada di logo Aqua itu ada di depan mata gue *Rini yg ngasih tau*. Duduk manis nikmatin udara yg sejuk sambil ngobrol sedikit, intinya si Rini paling suka masak ayam teriaki. Ga usah banyak ngomong, kalo kaya gini tuh enaknya nikmatin suasananya #flirtingwithnature. Ga lama dia balik ke tenda, gue masih betah disini, sepi menyendiri di moment moment seperti ini niih paling ngena banget muhasabah diri + tafakur. Cukup lama gue disini, jiwa tenang nan damai berasa banget punya dunia sendiri. Di alam seperti inilah gue banyak belajar kehidupan, bukan hanya kepada alam tapi dengan penduduk asli yg tinggal di alamnya. “Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah dijelajahi bagi kamu, maka jelajahilah segala penjurunya [67:15]”
abaikan yg paling depan
Mas Wahyu & Kak Diah


Udah merasa cukup gue balik ke tenda, asikkk ternyata udah ada yg masak gue mao lanjutin tidur ahhh. Ga bisa tidur sob cuma tidur ayam aja, rasanya pengap banget panas, Rico ko bisa ya tidur pules gitu? Pasti udah sangat lelah, ga peduli panas juga tidur aja. Oia sii Daniel sama Kak Dewi baru bangun loh, dia ketinggalan moment sunrisean. Itu dua orang langsung bawa senjatanya camera + tripod, hunting entah dibelahan dunia bagian mana. Lanjut masak sob, gue cuma ngerecokin doang hahhaaaa. udah selesai makan makanlah kita, tapi Kak Okta ga makan dia ga suka sarden *gue juga kurang suka sama ikan sih*. Masak part2 buat Kak Okta, Daniel dan Kak Dewi *skip merekapun makan*.

Jam udah nunjuk pukul 11:00an kita bebenah packing packing, hahahaa *ketawa sendiri* ko ga ada bedanya sama naek, masih tetep ga muat di keril padahal logistik udah berkurang. Kita masih bingung turunnya pada mao lewat jalur mana, antara jalur semalem yg kita lewatin atau jalur yg arah ke dieng. Dengan penuh pertimbangan kita pun mengambil jalur arah kita naek, ya jalur Patak Banteng lagi. 16 Agustus 2015 sekitar 13:00an kita pun turun, banyak pendaki yg baru pada sampe, dan sepanjang perjalanan kami turun ga ada abisnya ini pendaki. Ya karna tanggal 17 Agustus 2015 bakalan ada upacara bendera di Puncak Prau yg di selenggarakan Consina, Rei etc. Ternyata semalem jalan yg kita lalui cukup curam juga sob, terlihat jelas kalo siang gini. Perkiraan gue turunnya tuh lebih cepet maksimal 2 jam lah, karna kita berbarengan sama pendaki yg naek jadi jalannya gantian. Banyak pendaki yg kelelahan, dan gue salut sama beberapa wanita yg naek gunung tapi tetap berpakaian yg syar’i bergamis, ada juga yg berbaju longgar + pakai rok. Gue juga liat ada anak kecil berjalan sendiri, dan ayahnya hanya ngawasin dari belakang tanpa ngasih tau arahan sama sekali harus lewat jalan yg mana. Ini melatih ketangkasan dan cara berpikir anak bagaimana menghadapi rintangan dan keputusan apa yg akan diambil. Semua orang punya caranya sendiri mendidik anak anaknya kelak, suatu saat gue punya anak masih balita gue akan ajak anak gue ke alam.


Kak Diah udah mulai...
Ga naek ga turun gue yg paling belakangan hahahaa. Gue ngawal Kak Diah, diantara yg laen wanita ini yg paling melow *dan gue tau siapa yg lebih melow dari wanita satu ini, cuma dia pinter nyembunyiin perasaannya hehhe*. Sempet kakinya dia gemeteran liat ke bawah dan dia ga sadar kalo netesin air mata *lagi* dia takut ketinggian. Sebenernya udah gue kasih tau caranya turun tuh gimana, kalo ga bisa ya gue suruh ikutin jejak gue, tetep ga bisa. “Rasa takut itu harus dilawan dengan aksi, kalo ga mencoba melawannya bakalan takut terus, dan menjadi pobia yg mendalam.”  Tsaahh gaya banget kata kata lo hid -__-. 

abaikan jalannya, ini gue lagi ngurusin Kak Diah. take by Kak Okta
yg laen mah pada sibuk, ini doang yg paling nikmatin


TRAVELLARY *Fokus ke tengah, itu gue yg paling kecil*



gadis ber_trashbag

tatapan misterius ke arah mas Bayu
Alhamdulillah sepanjang kita turun ga ada halangan dan sampe di Basecamp Patak banteng sekitar jam 16:00an, rasanya udah pada lelah semua. Kita memutuskan bermalam di Basecamp, aslii sob ini Basecamp kaya pasar tumpah rame banget, ga ada henti hentinya pendaki yg pengen muncak. Kami pun bergantian mandi air hangat, rasa lelah rasa kotor udah menyatu dalam kehidupan gue, mandi air hangat itu rasanya sesuatu banget. Gue nikmatin dan paling lama mandi diantara Rico sama Mas Wahyu, pokoknya ngapa ngapain paling lama lah gue hihihiiiii. Nah pas kita lagi santai ada mas mas ganteng, sii Kak Tuti itu naksir sama mas mas itu tuh. Sebut saja Mas Bayu, iya nama ini tau karna nguping dari pembicaraan mereka yg lagi ngobrol sama teamnya. Ternyata Kak Okta pun suka sama dia, bakal terjadi pertempuran hati ini mah :D.


Pukul 21:00 ke warung nyari yg anget anget, gue sama Rico pesen indomie rebus + telor, yg laen Cuma pesen minuman aja. Kita cuma ngobrol ngobrol aja dan sang pemilik warung pun ikut nimbrung Mas Toro namanya. Dia ngasih informasi yg cukup jelas objek wisata yg ada Dieng Plateu berikut transportasinya juga dia infokan kepada kami. Gue pribadi hanya mengiya iyakan aja, gue udah ga connect hahhaha. Oia di Warung ini ada penghangatnya loh, jadi ada kendi kecil nah di dalemnya itu ada arengnya, dari awal Kak Dewi tuh kalo ngomong suka ngelantur kemana bae *mungkin efek lelah*. Entah lagi ngobrolin apa, pas tanganya di deketin ke arah kendi itu *anggap aja semacam bola listrik yg dipake buat peramal* tuh Kak Dewi serasa jadi peramal, langsung tau segalanya tentang Dieng, sampe nama Kalinya juga tau hahahhaa. Sory ga bisa ngasih dialognya gue udah ga fokus, cuma jadi pendengar aja. Ga terasa kita ngobrol sampe jam 22:00an fix sob, kita besok pagi jalan ke candi, candi mana sii? Kepo banget lo :p


to be countinue…


0 komentar: